Jumat, 29 Juni 2007

Mengenal Bidang Humas DPP SKJM

MENGENAL BIDANG HUMAS DPP SKJM

Pendahuluan
Bidang humas di SKJM bertugas mengkoordinir kegiatan Pers anggota SKJM dalam usaha penyebarluasan informasi kepada karyawan melalui Tabloid, Buletin dan penerbitan lainnya. Dalam kegiatannya berkoordinasi dengan bidang Organisasi, Perlindungan dan Hukum serta Litbang.

Sasaran Kerja Bidang Humas SKJM
Struktur organisasi dari bidang humas di SKJM merupakan bidang yang khusus berkoordinasi dengan bidang organisasi, Perlindungan dan Hukum serta Litbang yang mempunyai mekanisme kerja tersendiri. Sebagai konsekuensinya bidang kegiatan dan program bidang humas disusun berdasarkan suatu pemikiran sesuai arah dan tujuan yang hendak dicapai organisasi SKJM yang secara tegas dan jelas telah dirumuskan dalam AD/ART organisasi.
Secara lebih lengkap dalam pemikiran dasarnya bidang humas ini akan melakukan kegiatan yang mengarah pada usaha untuk mempromosikan organisasi SKJM agar lebih populer ditengah masyarakat Indonesia, khususnya bagi para karyawan dan para pengambil keputusan di bidang ketenagakerjaan.
Dengan demikian ada 3 (Tiga) prioritas utama bidang kegiatan humas SKJM, yaitu :
1. Sasaran pertama, adalah agar mereka bersimpati serta mendukung seluruh program SKJM dalam mensejahterakan dan menaikan harkat hidup seluruh karyawan ke arah yang lebih baik.
2. Sasaran kedua, adalah kehadiran program-program yang dicanangkan oleh bidang humas SKJM diharapkan terjadi transformasi informasi dikalangan karyawan. Manfaat bagi SKJM melalui transformasi informasi ini, advokasi kasus dalam kerangka pembelaan nasib karyawan dapat ditingkatkan intensitasnya dan manfaat bagi karyawan transformasi informasi yang terjadi dapat meningkatkan “melek” pengetahuan atas hak dan kewajiban sebagai karyawan.
3. Sasaran ketiga, adalah adanya program-progam kerja di bidang humas di SKJM, diharapkan berperan serta dalam melancarkan pertumbuhan perusahaan secara berkesinambungan dan transformasi karyawan dapat terjadi tanpa diwarnai gejolak sosial yang membahayakan keutuhan aset bangsa Indonesia dan kehidupan demokratis yang disertai dengan tercukupinya sandang, pangan, pendidikan dan kesejahteraan hidup lainnya dapat terjamin jika terwujud Sinergi yang Profesional Antara SKJM dan Manajemen untuk Menuju Jasa Marga yang Modern.
Target Kegiatan Bidang Humas SKJM
Dengan kerangka pemikiran serta mengacu pada ketiga sasaran di atas maka posisi bidang Humas karyawan ini sangat strategis mengingat pusat perhatiannya adalah melakukan public opinion dalam rangka meningkatkan derajat posisi tawar karyawan.
Bidang kerja bidang ini dapat dianggap sebagai advokasi melalui penyebaran opini ketengah publik. Disamping penyebaran opini, program kerja yang dijalankan menuju pula pada penyebaran ide-ide sebagai solusi SKJM dalam mejawab permasalahan karyawan yang muncul.
Namun demikian, pekerjaan penyebaran opini dan ide-ide solusi bukanlah pekerjaan yang mudah, diperlukan pengetahuan dan keterampilan tertentu yang ditunjang oleh data base yang akurat dan memadai. Untuk itu diperlukan identifikasi masalah-masalah yang dihadapi Pemerintah, Perusahaan dan Karyawan dalam suatu Information Center, sehingga bidang kerja dan program yang dijalankan mulai dari pengumpulan, kompilasi dan penyajian data dan fakta dapat efektif dalam memecahkan masalah karyawan yang terjadi.
Secara umum dapat dikatakan bahwa masalah utama yang dihadapi karyawan secara garis besar adalah kurangnya akses informasi terhadap institusi yang berhubungan dengan kegiatan karyawan atau serikat karyawan. Salah satu sebab masalah itu adalah kurangnya keterampilan aktivis SKJM dalam menyajikan informasi yang ada serta tingkat akurasi dari informasi itu sendiri.
Dari masalah-masalah yang secara umum telah dirumuskan diatas, maka bidang-bidang kegiatan yang berada dalam bidang ini diarahkan guna memecahkan masalah-masalah tersebut. Dengan demikian kegiatan yang berada dalam bidang humas SKJM adalah :

Program Bidang Humas SKJM
1. Penyuluhan dan Pendidikan.
2. Pusat data dan Analisa (Pengembangan Data Base Karyawan.)
3. Penerbitan Berkala Swara SKJM

Garis Besar Program Kerja

1. PENYULUHAN DAN PENDIDIKAN
Bidang ini akan melakukan kegiatan dan program penyuluhan dan pendidikan yang berorientasi demi meningkatkan kemampuan penyajian data dan fakta dari hasil suatu advokasi ke dalam laporan ilmiah populer
Target kegiatan
a. Memberikan pengetahuan technical know-how tentang penyajian laporan advokasi, riset dan peristiwa secara komunikatif.
b. Mengembangkan keterampilan dan wawasan berpikir melalui pemberian pengetahuan tambahan dibidang jurnalistik dan komunikasi massa.
c. Menyiapkan koresponden bagi media SKJM, jurnal maupun penerbitan lainnya.
Bentuk kegiatan :
Pendidikaan jurnalistik bagi Karyawan dan pengurus DPP/DPC SKJM.





2. PUSAT DATA dan ANALISA
Bidang ini akan melakukan kegiatan dan program untuk mengumpulkan
seluruh informasi mengenai profil perusahaan pada masing-masing DPC SKJM dengan tingkat permasalahannya, dan kebijakan ketenagakerjaan dari berbagai sumber serta melakukan korespondensi dengan serikat karyawan lainnya di Indonesia.

Target Kegiatan
a. Mengumpulkan dan mempersiapkan bahan-bahan yang dapat dipergunakan sebagai masukan dalam melakukan advokasi dan pemberian usul kepada Pemerintah, Perusahaan serta dunia usaha.
b. Membuat Directory dan Listing Book untuk peningkatan mutu pelayanan bagi pengurus DPP/DPC SKJM.
c. Memberikan informasi tambahan bagi Pemerintah, Perusahaan dan Karyawan tentang peluang dan hambatan ketenagakerjaan di sektor bisnis jalan tol.
Bentuk Kegiatan :
- Pembuaatan home page SKJM
- Pembuatan Bank Data Anggota SKJM
- Pembuatan News Letters SKJM
- Pembuatan Annual Report SKJM

3. PENERBITAN BERKALA MEDIA INFORMASI SWARA SKJM

KRITERIA SWARA SKJM

1. Terbit setiap hari Senin..
2. Isi setiap eksemplar minimal 2 halaman kertas kwarto
3. Tempat media informasi Swara SKJM disetiap kantor gerbang tol dan ruang kerja di lingkungan PT. Jasa Marga (Persero).
4. Bobot tulisan berisi informasi dan sebagai alat untuk “ memelihara keamanan dan ketertiban di dalam perusahaan” guna mewujudkan hubungan industrial dan hubungan kerja yang harmonis.
5. Sebagai tolok ukur untuk umpan balik dan umpan maju (measurements for feedback and feedforward) bagi pengurus untuk mengambil kebijakan.
6. Semua anggota SKJM mempunyai hak yang sama untuk membuat tulisan dan aspirasinya dapat dimuat dalam majalah dinding SKJM.
7. Keputusan dalam menerbitkan isi Swara SKJM diambil dalam rapat pleno dewan redaksi.
8. Salinan Swara SKJM ditujukan untuk Manajemen, DPP SKJM dan Pengurus DPC SKJM diseluruh Indonesia.
9. Arsip.
MANFAAT MEDIA INFORMASI SWARA SKJM

Alat Informasi SKJM

Memberikan informasi yang paling efisien dan efektif bagi seluruh anggota SKJM yang dapat berisi tentang sosialisasi berbagai kebijakan Pengurus SKJM dan Sosialisasi berbagai kebijakan Manajemen yang akan berdampak positif maupun negatif terhadap seluruh anggota SKJM.
Dalam Implementasinya Swara SKJM harus juga berisi rubrik pemecahan berbagai masalah hubungan industrial dan hubungan kerja guna mewujudkan azas transparansi dan akuntabilitas di Perusahaan.

2 Alat Pemurnian Informasi dan Alat Duplikasi
SKJM sebagai organisasi yang besar maka memerlukan suatu alat untuk pemurnian informasi tentang kinerjanya agar tidak ada keraguan dalam hal informasi bagi seluruh anggota SKJM.
Setiap Organisasi yang besar, perlu mempunyai hal informasi yang sama dan waktu penerimaan informasinya juga sama yang beredar dalam organisasinya, akan merupakan sesuatu kekuatan yang luar biasa jika seluruh Anggota SKJM mendapatkan Informasi yang sama dalam waktu yang bersamaan.
Swara SKJM sebagai alat Duplikasi dengan pengertian bahwa SKJM sebagai organisasi yang besar memerlukan faktor Duplikasi yaitu menduplikasikan apa yang dilakukan, menduplikasikan apa yang diketahui dan menduplikasikan bagaimana cara berpikir pengurus SKJM kepada seluruh anggota SKJM.
Setiap organisasi yang besar, “Besar” karena duplikasi dengan pengertian membuat sesuatu hal menjadi sederhana, supaya seluruh anggota dapat mengimplementasikan berbagai kebijakan yang diambil Pengurus SKJM.

3 Alat Motivasi
Swara SKJM sebagai alat motivasi dengan pengertian bahwa Swara SKJM harus bertujuan untuk memotivasi semangat seluruh anggota SKJM agar proaktif mengimplementasikaan kebijakan pengurus SKJM.
Keunggulan Swara SKJM yang pasif memungkinkan seluruh anggota SKJM mendapatkan Informasi kapan saja tanpa perlu datang ke kantor Sekretariat SKJM dan keunggulan lainnya yaitu ekonomis dengan pengertian bahwa Pengurus SKJM tidak dapat berada di semua unit kerja dalam waktu yang bersamaan tetapi Swara SKJM bisa terdapat di semua unit kerja, serta keunggulan lainnya yaitu Swara SKJM memotivasi seluruh anggota dengan cara repetisi dengan pengertian dapat dibaca berulang-ulang.

Nama Media informasi dan komunikasi anggota SKJM adalah “SWARA SKJM”
Isi media informasi “Swara SKJM”
1. Editorial (dari Redaksi)
2. Berita Utama
3. Artikel
4. Profil Tokoh
5. Forum Khalayak (Forum tanya jawab seputar PKB)
6. Ruang Advis (Seluruh Anggota mempunyai hak agar tulisannya dapat dimuat di media “Swara SKJM”). ***** HS 5258
.

Tidak ada komentar: